Berita  

5 Fakta Pendiri BreachForums Tempat Bjorka Bocorkan Data Tertangkap, Siapa Dia?

gdxphoto.com РPendiri sekaligus admin situs tempat Bjorka menyebar data resmi, BreachForums, sudah ditangkap pihak penegak hukum Amerika Serikat (AS). Pria itu diduga sebagai pengguna akun Pompompurin, yang merupakan pemilik dari forum para hacker. 

“Menurut dokumen pengadilan, pemilik akun Pompompurin digugat atas satu pasal kejahatan, yaitu konspirasi untuk mengajak individu menjual akses tak resmi terhadap sebuah perangkat,” demikian dilansir dari Bleeping Computer, Minggu (19/3/2023).

Lantas, siapa sebenarnya pemilik akun Pompompurin ini? Apa yang akan menimpanya setelah tertangkap? Bagaimana pula nasib forum yang juga dipakai Bjorka untuk membocorkan data resmi RI? Cari tahu semuanya melalui kelima berikut.

Sosok Pompompurin

Baca Juga:
Perlu Adanya Implementasi UU Perlindungan Data Pribadi di Lingkungan BUMN

Ketika ditangkap pada Rabu (15/3/2023), pria pemilik akun  Pompompurin itu mengaku sebagai Conor Brian FItzpatrick. Ia menggunakan nama samaran untuk beraksi pada laman pembobolan data yang didirikannya, BreachForums.

“Saat saya menangkap tersangka pada 15 Maret 2023, ia mengaku kepada kalau namanya adalah Conor Brian FitzPatrick. Ia menggunakan nama samaran Pompompurin. Ia adalah pemilik dan admin BreachForums, situs pembobolan data,” beber¬†salah satu agen spesial FBI, John Longmire.

Pelaku dilepas dengan uang tebusan

Setelah tertangkap, Fitzpatrick dilepas dengan uang tebusan sebesar USD 300 ribu atau sekitar Rp4,5 miliar. Ia juga akan dihadirkan dalam sidang di District Court of the Eastern District of Virginia, pada 24 Maret 2023 mendatang untuk diadili.

Ia disebut sudah menyerahkan seluruh dokumennya. Meski dilepas, namun Fitzpatrick hanya diizinkan berada di wilayah Southern dan Eastern District of New York serta Eastern District of Virginia. Itu pun sekadar untuk keperluan pengadilan, bahkan ia dilarang menghubungi siapapun.

Baca Juga:
Berikut Daftar dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024, Termasuk Tanggal Pelantikan Presiden Baru

Pompompurin pemain lama

Dilaporkan bahwa Pompompurin merupakan pemain lama yang populer di kalangan penjahat siber. Adapun tugas utamanya, yakni meretas data perusahaan. Lalu, ia membocorkan atau menjual hasil curiannya melalui sebuah forum hingga media sosial.

Pompompurin juga populer di RaidForums yang kini tutup karena pemiliknya ditangkap polisi. Ia membuat BreachForums setelah forum RaidForums digeledah dan diberhentikan oleh FBI pada 2022. Sejak itulah forum ciptaannya menjadi sarang aktif penyebaran data curian.

BreachForums akan tetap beroperasi

Admin dan pemiliknya memang sudah ditangkap. Namun, admin forum, dalam unggahannya di BreachForums, mengatakan bahwa situs yang menjadi tempat bagi para hacker pencuri data itu akan tetap berjalan.

Sebab, ia memiliki akses penuh pada infrastruktur laman tersebut.

Data dunia yang dicuri

Tak hanya informasi soal pejabat dan masyarakat Indonesia yang dibagikan Bjorka, forum itu juga kerap disorot usai membocorkan data resmi sejumlah negara. Ketika masih beroperasi sebagai RaidForums, China menjadi sasaran mereka.

Saat itu, sebuah video yang menunjukkan rencana China untuk menyerang Taiwan, bocor. Lalu, dirilis pula artikel yang membahas cara meretas platform data streaming, RedPanda. Kebocoran data yang diduga milik Kepolisian Nasional Shanghai (SHGA) pun dibagikan.

Di waktu yang bersamaan, tawaran serupa dibuat dalam forum berbahasa Rusia Exploit oleh seseorang bernama samaran, AccessBroker. Ia kala itu meminta 10 BTC (berkisar US$200 ribu atau Rp3,01 miliar) jika ada yang membutuhkan data lengkap.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Sumber: www.suara.com