Berita  

Hanya 2 Bulan Jabat Dirut Transjakarta, Terjerat Kasus Korupsi

gdxphoto.com – Pengunduran diri Kuncoro Wibowo dari jabatan Direktur Utama Transjakarta mengagetkan publik. Pasalnya, ia diketahui baru menjabat selama 2 bulan sejak Januari 2023. Tak hanya itu, publik dikejutkan dengan fakta bahwa Kuncoro Wibowo ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi bansos beras Kemensos tahun 2020-2021 lalu.

Sosok Kuncoro pun juga kini diburu oleh publik. Lalu, siapa sebenarnya Kuncoro Wibowo? Simak inilah rekam jejak Kuncoro Wibowo selengkapnya.

Sepak terjang Kuncoro Wibowo ini memang tak perlu diragukan. Lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) jurusan Teknik Elektro Komunikasi ini sudah punya karier yang malang melintang, terutama di dunia transportasi. Pria yang lahir di Tulungagung, 3 Maret 1968 ini beberapa kali berhasil menjabat posisi strategis.

Sebut saja saat ia berhasil menjabat sebagai Managing Director di PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang menjadi modal besarnya untuk dipilih sebagai Direktur Utama Transjakarta.

Baca Juga:
Jalan Gatot Subroto Lumpuh Total Imbas Massa Aksi Gebrak Blokade Jalur Transjakarta di Depan Gedung DPR

Selain di dunia transportasi, Kuncoro juga berpengalaman di dunia logistik. Ia diketahui pernah menjabat sebagai Direktur utama Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistic pada 2019 lalu. Kegigihannya dalam meniti karier berhasil membuatnya menggaet dua penghargaan Anugerah BUMN 2019, yaitu CEO Visioner Terbaik kategori Emerging BUMN dan BUMN Emerging dengan Inovasi Teknologi Terbaik Pertama di Jakarta.

Berbagai implementasi perkembangan teknologi di BGR pun dilakukan selama kepemimpinan Kuncoro. Bahkan, BGR Logistic pun menjadi salah satu perusahaan digital logistik yang jadi perusahaan pionir dalam teknologi. Ia juga tercatat pernah bekerja di PT ACE Hardware Indonesia sebagai Chief Technology Officer dari Desember 2021 hingga Agustus 2022 lalu. 

Kesuksesan Kuncoro pun bisa dibilang mentereng. Ia tercatat pernah berkarir sebagau staff ahli IT Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Agustus 2017-Agustus 2018), direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT KAI (September 2016-Agustus 2017), serta direktur SDM, Umum, dan Teknologi Informasi PT KAI (Juni 2012-September 2016).EVP Sistem Informasi PT KAI (Oktober 2009-Juni 2012), Group Head NOC and Field Operations PT Mobile-8 Telecom (April 2007-Oktober 2009), GM Network Planning and Engineering PT Natrindo Telepon Selular (April 2005-Aoril 2007).

Di awal karirnya juga, Kuncoro sudah dipercaya untuk menjabat sebagai Manager VAS and Switching Design Engineering PT Excelcomindo Pratama di periode Januari 1995 hingga Juli 2005.

Kini, pihak KPK belum juga buka suara soal kemungkinan penahanan Kuncoro. Namun, kabar penetapan Kuncoro sebagai tersangka sudah dikonfirmasi dan akan ditindak lebih lanjut.

Baca Juga:
Massa Aksi Gebrak Blokade Jalur TransJakarta di Depan Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto Lumpuh Total

Kontributor : Dea Nabila

Sumber: www.suara.com