Berita  

Insya Allah Tidak Akan Banjir

gdxphoto.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Husni Thamrin, yakin daerahnya tidak akan kebanjiran meski meski curah hujan dan air pasang cukup tinggi belakang ini.

“Insya Allah tidak akan banjir, karena ketinggian air pasang masih terpantau normal,” kata Husni di Banjarmasin, Sabtu (11/2/2023).

Meskipun prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi hujan pada sebagian wilayah Kota Banjarmasin hingga besok (12/2/2023), namun dinyatakan masih intensitas sedang.

Meski kondisi dipastikan masih aman dan tak akan kebanjiran, namun ia memastikan pula kesiapsiagaan terhadap bencana tidak dilonggarkan.

Menurutnya para petugas BPBD Kota Banjarmasin siap siaga selama 24 jam untuk melakukan berbagai langkah, baik untuk evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kita juga piket selama 24 jam bergantian. Dan kita siap melakukan evakuasi kalau ada laporan-laporan dari masyarakat,” kata dia.

Lebih lanjut, terkait cuaca ekstrem ini pihaknya tidak hanya banjir yang dikhawatirkan, namun juga angin topan.

Menurutnya dari prakiraan BMKG cuaca seperti ini atau hujan dengan intensitas tinggi hingga akhir Februari 2023.

Karenanya, kata dia, masyarakat diminta berhati-hati dan waspada untuk segala bencana bisa terjadi, khususnya banjir atau angin puting beliung.

Pihaknya juga meminta, masyarakat untuk membersihkan lingkungannya, khususnya membersihkan drainase, untuk kelancaran air.

Ia mengatakan Kota Banjarmasin memang masih status siaga banjir dan air pasang dari Desember 2022 hingga Januari 2023 ini.

“Saat ini kita juga siapkan berbagai peralatan penanggulangan dan pertolongan kebencanaan,” demikian Husni Thamrin. (Antara)

Sumber: www.suara.com